Tutorial Cara Root Dan Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532/DS (Sukses 100%) - Media Android
Cara Root Samsung J2 Prime

Cara Root Dan Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime – Samsung Galaxy J2 Prime merupakan varian paling murah dari seri J Prime yang dirilis di Indonesia. Walaupun termurah, namun tampilan ponsel ini masih terlihat elegan apalagi dengan konstruksi unibodi, tampilan sampingnya terlihat lebih “bersih”.

Kalian dapat mencopot cover belakangnya untuk sekedar mencopot baterai atau memasukkan dua microSIM atau sekedar menambah ruang penyimpanan dengan memasukkan kartu microSD. Tampilan ponsel ini memiliki corak logam dan ditambah dengan bingkai logam di sekeliling bodinya membuatnya lebih cantik dilihat.

Bentuk J2 Prime ini mengingatkan pada Galaxy Prime, penempatan tombol volume, power kamera, speaker sangat persis. Namun sebab ini pula genggaman ponsel menjadi lebih enak lagi walaupun menggunakan satu tangan. Bagian depan ponsel ini terdapat beberapa sensor, kamera depan serta tombol home dan menu serta back khas dari Samsung.

Layarnya sendiri berukuran 5 inci dengan resolusi qHD 540p, dengan resolusi tersebut, tampilan ponsel ini terlihat tak optimal. Apalagi absennya teknologi Super AMOLED semakin memperparahnya, menjadikan layarnya kurang tajam dan jernih.

Namun ada beberapa peningktan dari versi J2 originalnya, diantaranya adalah chipset yang kali ini menggunakan 64-bit Mediatek MT6737T. Prosesor tersebut dapat berJalan dengan kecepatan maksimal 1.4 GHz serta didukung GPU Mali-T720MP2.

Perubahan lainnya terdapat di RAM, kali ini menjadi lebih lega yakni 1.5GB serta versi Android yang sudah memakai versi 6.0 alias Marshmallow. Sementara dari sisi kamera, Samsung menyematkan resolusi sebesar 8 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan, kedua kamera tersebut didukung dengan lampu LED Flash.

Namun sayang memori internal ponsel ini terbilang kecil, hanya 8GB dan itupun yang bisa digunakan oleh pengguna cuma sekitar 3GB. Akibatnya kalian tidak bisa leluasa untuk menyimpan game atau aplikasi lainnya. Samsung memberikan fitur KNOX disini, fitur ini berguna untuk melindungi data-data serta meningkatkan keamanan ponsel.

Kemudian ada juga Secure Folder untuk mengunci data/aplikasi. Bahkan Samsung juga menambahkan aplikasi Microsoft seperti Excel, Powerpoint dan lain-lain secara percuma disini. Dari sisi baterai sendiri, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh yang cukup digunakan setengah hari.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Samsung Galaxy J2 Prime kalian karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik kalian. Do With Your Own Risk.

Cara root dan flash ini akan menghilangkan garansi dari smartphone kalian, jadi pikirkan secara baik-baik terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya

Cara Install / Flash TWRP di Samsung Galaxy J2 Prime


Karena Samsung Galaxy J2 Prime ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan TWRP disini adalah versi TWRP hasil dari buatan salah satu user forum XDA.

Cara Install Twrp Samsung j2 Prime

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone kalian, secara sederhananya kalian dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

kalian juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik kalian sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone kalian hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, siapkan dulu bahan – bahan berikut:


  • Download Samsung USB Driver kemudian install seperti layaknya menginstal aplikasi lainnya, jika sudah maka restart komputer / laptop kalian.


  • Download juga SuperSU Root dan letakkan filenya ke dalam memori ponsel, baik itu internal atau eksternal tidak masalah. Lebih baik letakkan file di masing – masing di internal dan eksternal untuk berjaga-jaga.

Selain bahan – bahan tersebut, pastikan juga kabel USB sudah tersedia dan juga kapasitas baterai dari Samsung Galaxy J2 Prime lebih dari 50%. Jika semua hal di atas sudah terpenuhi oleh kalian, maka kita bisa melanjutkan tutorial ini.


1. Aktifkan OEM Unlocking

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking, terlebih dahulu kalian harus aktifkan mode developer options. Caranya yaitu sangat mudah cukup buka “Settings” > “About Phone”. Kemudian tap atau tekan sebanyak tujuh kali “Build Number” (Nama Bentukan) hingga ada notifikasi kecil bahwa developer options sudah aktif.

Setelah itu kalian kembali buka Settings, dan scroll kebawah hingga menemukan Developer options. Buka Developers options dan cari OEM Unlocking lalu aktifkan kemudian cari dan aktifkan juga USB Debugging.

2. Masuk ke Downloading Mode

Selanjutnya kalian harus masuk ke download mode yakni pertama matikan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan Tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di bawah ini. Kemudian tekan tombol volume keatas untuk masuk kedalam downloading mode.



3. Flash File TWRP

Colokkan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime kalian yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ekstrak file Odin yang sudah didownload dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.

Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian. Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy J2 Prime kalian sudah terbaca dengan benar. Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstall dengan baik atau yang lebih parahnya kalian lupa belum menginstalnya.


Saya asumsikan Galaxy J2 Prime kalian sudah terdeteksi di Odin. Selanjutnya klik AP dan cari file TWRP yang sudah didownload tadi. Setelah itu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP ke dalam Samsung Galaxy J2 Prime.

Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal ada pesan “Failed”. Jika kalian gagal, maka kemungkinan besar file TWRP yang didownload tadi korup, maka coba download lagi langkah seperti diatas sekali lagi.


Note: Sebelum melakukan proses root, alangkah baiknya kalian melakukan Full Backup dengan menggunakan TWRP terlebih dahulu untuk berjaga – jaga agar data yang terdapat di dalam Samsung Galaxy J2 Prime kalian tidak hilang.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime


Jika TWRP sudah terinstal dengan benar maka proses root sangat mudah dilakukan.

Kali ini kalian harus ke mode recovery untuk melakukan root, pertama matikan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime, kemudian tekan dan tahan Tombol Home + Power + Volume Atas hingga kalian masuk ke mode recovery seperti tampilan TWRP dalam gambar diatas.

Jika sudah, maka beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem, setelahnya pilih “Install” kemudian cari file SuperSU yang sudah kalian download dan letakkan di memori tadi. Setelah ketemu, pilih file tersebut dan swap layar ke kanan pada “Swipe to Confirm Flash” untuk memulai proses flash SuperSU.



Tunggu sebentar hingga proses berakhir kemudian tekan tombol back dan restart. Untuk membuat kalian lebih yakin lagi, kalian dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian sudah berhasil di root.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Tanpa TWRP


Sekarang kalian juga dapat root Samsung Galaxy J2 Prime tanpa menggunakan TWRP, dan syarat yang dibutuhkan adalah

  • Download Samsung USB Driver kemudian install seperti layaknya menginstal aplikasi lainnya, jika sudah maka restart komputer / laptop kalian.

  • Download aplikasi Odin3_v3.12.5

  • Download file AutoRoot SuperSU J2 Prime

  • Aktifkan OEM Unlock seperti cara yang di atas.

  • Backup semua data di dalam ponsel karena nantinya akan data akan dihapus dalam proses ini.


Sedangkan caranya sangat simpel yakni:

  • Aktifkan OEM seperti cara diatas.

  • Masuk ke mode download (Power + Home + Volume kebawah).

  • Kemudian tancapkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB.

  • Buka Odin dengan Run Admin.

  • Klik AP, pilih file AutoRoot tadi dan klik start.

  • Setelah selesai flash, reboot dan tunggu hingga ponsel menyala..

  • Dan selesai sudah, smartphone Galaxy J2 Prime milik kalian sudah berhasil di-root.

  • Untuk lebih meyakinkannya lagi, kalian dapat mendownload aplikasi Root Checker melalui Play Store.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Tanpa PC


Untuk melakukan root Samsung Galaxy J2 Prime tanpa menggunakan PC, kalian membutuhkan bantuan aplikasi yang bernama Kingroot. Kingroot ini sudah dipercaya kesuksesannya dalam root beragam perangkat yang sebelumnya gagal di root. Yang lebih penting lagi, kalian dapat mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

Untuk menginstal Kingroot, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu “Unknown Source” di pengaturan, caranya yakni buka pengaturan lalu pilih keamanan dan aktifkan unknown source (sumber tidak diketahui).

1. Setelah selesai diaktifkan, maka segera download Kingroot di website resminya yakni di https://kingroot.net/

2. Setelah proses download selesai, install Kingroot seperti biasa di ponsel lalu buka setelah selesai diinstal.

3. Kemudian tekan “Start root” atau “Fix now” untuk memulai proses root.

4. Tunggu beberapa saat hingga proses untuk root selesai 100%. Jika nantinya berhasil, maka akan ada notifikasi yang menandakan bahwa proses root telah berhasil.

5. Untuk membuat kalian lebih yakin lagi, coba download aplikasi Root Checker di Play Store untuk mengecek kevaliditasan root.


Begitulah Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Dan install TWRP. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Penelusuran Lainnya :

twrp samsung j2 prime sm-g532g/ds marshmallow

download twrp samsung j2 prime sm-g532g/ds

twrp samsung j2 prime g532g/ds

twrp j2 prime g532g/ds

cara root samsung j2 prime tanpa pc 2019

cara pasang twrp j2 prime tanpa pc

youtube root samsung j2 prime

cara root hp samsung j2 prime dengan pc

Tutorial Cara Root Dan Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532/DS (Sukses 100%)

Cara Root Samsung J2 Prime

Cara Root Dan Install TWRP Samsung Galaxy J2 Prime – Samsung Galaxy J2 Prime merupakan varian paling murah dari seri J Prime yang dirilis di Indonesia. Walaupun termurah, namun tampilan ponsel ini masih terlihat elegan apalagi dengan konstruksi unibodi, tampilan sampingnya terlihat lebih “bersih”.

Kalian dapat mencopot cover belakangnya untuk sekedar mencopot baterai atau memasukkan dua microSIM atau sekedar menambah ruang penyimpanan dengan memasukkan kartu microSD. Tampilan ponsel ini memiliki corak logam dan ditambah dengan bingkai logam di sekeliling bodinya membuatnya lebih cantik dilihat.

Bentuk J2 Prime ini mengingatkan pada Galaxy Prime, penempatan tombol volume, power kamera, speaker sangat persis. Namun sebab ini pula genggaman ponsel menjadi lebih enak lagi walaupun menggunakan satu tangan. Bagian depan ponsel ini terdapat beberapa sensor, kamera depan serta tombol home dan menu serta back khas dari Samsung.

Layarnya sendiri berukuran 5 inci dengan resolusi qHD 540p, dengan resolusi tersebut, tampilan ponsel ini terlihat tak optimal. Apalagi absennya teknologi Super AMOLED semakin memperparahnya, menjadikan layarnya kurang tajam dan jernih.

Namun ada beberapa peningktan dari versi J2 originalnya, diantaranya adalah chipset yang kali ini menggunakan 64-bit Mediatek MT6737T. Prosesor tersebut dapat berJalan dengan kecepatan maksimal 1.4 GHz serta didukung GPU Mali-T720MP2.

Perubahan lainnya terdapat di RAM, kali ini menjadi lebih lega yakni 1.5GB serta versi Android yang sudah memakai versi 6.0 alias Marshmallow. Sementara dari sisi kamera, Samsung menyematkan resolusi sebesar 8 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan, kedua kamera tersebut didukung dengan lampu LED Flash.

Namun sayang memori internal ponsel ini terbilang kecil, hanya 8GB dan itupun yang bisa digunakan oleh pengguna cuma sekitar 3GB. Akibatnya kalian tidak bisa leluasa untuk menyimpan game atau aplikasi lainnya. Samsung memberikan fitur KNOX disini, fitur ini berguna untuk melindungi data-data serta meningkatkan keamanan ponsel.

Kemudian ada juga Secure Folder untuk mengunci data/aplikasi. Bahkan Samsung juga menambahkan aplikasi Microsoft seperti Excel, Powerpoint dan lain-lain secara percuma disini. Dari sisi baterai sendiri, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh yang cukup digunakan setengah hari.

Note: Baca sampai akhir terlebih dahulu setiap kalimat atau setiap cara sebelum menerapkannya di Samsung Galaxy J2 Prime kalian karena saya tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang mungkin terjadi di smartphone milik kalian. Do With Your Own Risk.

Cara root dan flash ini akan menghilangkan garansi dari smartphone kalian, jadi pikirkan secara baik-baik terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya

Cara Install / Flash TWRP di Samsung Galaxy J2 Prime


Karena Samsung Galaxy J2 Prime ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. Dan TWRP disini adalah versi TWRP hasil dari buatan salah satu user forum XDA.

Cara Install Twrp Samsung j2 Prime

TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone kalian, secara sederhananya kalian dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

kalian juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik kalian sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone kalian hampir dipastikan dapat di root.

Namun pertama, siapkan dulu bahan – bahan berikut:


  • Download Samsung USB Driver kemudian install seperti layaknya menginstal aplikasi lainnya, jika sudah maka restart komputer / laptop kalian.


  • Download juga SuperSU Root dan letakkan filenya ke dalam memori ponsel, baik itu internal atau eksternal tidak masalah. Lebih baik letakkan file di masing – masing di internal dan eksternal untuk berjaga-jaga.

Selain bahan – bahan tersebut, pastikan juga kabel USB sudah tersedia dan juga kapasitas baterai dari Samsung Galaxy J2 Prime lebih dari 50%. Jika semua hal di atas sudah terpenuhi oleh kalian, maka kita bisa melanjutkan tutorial ini.


1. Aktifkan OEM Unlocking

Untuk mengaktifkan OEM Unlocking, terlebih dahulu kalian harus aktifkan mode developer options. Caranya yaitu sangat mudah cukup buka “Settings” > “About Phone”. Kemudian tap atau tekan sebanyak tujuh kali “Build Number” (Nama Bentukan) hingga ada notifikasi kecil bahwa developer options sudah aktif.

Setelah itu kalian kembali buka Settings, dan scroll kebawah hingga menemukan Developer options. Buka Developers options dan cari OEM Unlocking lalu aktifkan kemudian cari dan aktifkan juga USB Debugging.

2. Masuk ke Downloading Mode

Selanjutnya kalian harus masuk ke download mode yakni pertama matikan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan Tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul tampilan mode downloading seperti di bawah ini. Kemudian tekan tombol volume keatas untuk masuk kedalam downloading mode.



3. Flash File TWRP

Colokkan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime kalian yang sudah masuk ke mode downloading tadi ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Kemudian ekstrak file Odin yang sudah didownload dan buka Odin dengan klik kanan kemudian pilih “Run Administrator”.

Setelah Odin terbuka, tunggu sebentar hingga Odin mengenali ponsel Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian. Coba lihat dibagian kiri Odin, jika terdapat tulisan “Added” berarti Galaxy J2 Prime kalian sudah terbaca dengan benar. Namun jika tidak ada, maka kemungkinan besar Samsung driver tidak terinstall dengan baik atau yang lebih parahnya kalian lupa belum menginstalnya.


Saya asumsikan Galaxy J2 Prime kalian sudah terdeteksi di Odin. Selanjutnya klik AP dan cari file TWRP yang sudah didownload tadi. Setelah itu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP ke dalam Samsung Galaxy J2 Prime.

Tunggu sebentar, jika semua sudah berhasil maka akan ada pesan “PASS” di Odin dan jika gagal ada pesan “Failed”. Jika kalian gagal, maka kemungkinan besar file TWRP yang didownload tadi korup, maka coba download lagi langkah seperti diatas sekali lagi.


Note: Sebelum melakukan proses root, alangkah baiknya kalian melakukan Full Backup dengan menggunakan TWRP terlebih dahulu untuk berjaga – jaga agar data yang terdapat di dalam Samsung Galaxy J2 Prime kalian tidak hilang.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime


Jika TWRP sudah terinstal dengan benar maka proses root sangat mudah dilakukan.

Kali ini kalian harus ke mode recovery untuk melakukan root, pertama matikan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime, kemudian tekan dan tahan Tombol Home + Power + Volume Atas hingga kalian masuk ke mode recovery seperti tampilan TWRP dalam gambar diatas.

Jika sudah, maka beri ijin TWRP untuk memodifikasi sistem, setelahnya pilih “Install” kemudian cari file SuperSU yang sudah kalian download dan letakkan di memori tadi. Setelah ketemu, pilih file tersebut dan swap layar ke kanan pada “Swipe to Confirm Flash” untuk memulai proses flash SuperSU.



Tunggu sebentar hingga proses berakhir kemudian tekan tombol back dan restart. Untuk membuat kalian lebih yakin lagi, kalian dapat mendownload aplikasi Root Checker di Play Store untuk kembali mengecek apakah Samsung Galaxy J2 Prime milik kalian sudah berhasil di root.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Tanpa TWRP


Sekarang kalian juga dapat root Samsung Galaxy J2 Prime tanpa menggunakan TWRP, dan syarat yang dibutuhkan adalah

  • Download Samsung USB Driver kemudian install seperti layaknya menginstal aplikasi lainnya, jika sudah maka restart komputer / laptop kalian.

  • Download aplikasi Odin3_v3.12.5

  • Download file AutoRoot SuperSU J2 Prime

  • Aktifkan OEM Unlock seperti cara yang di atas.

  • Backup semua data di dalam ponsel karena nantinya akan data akan dihapus dalam proses ini.


Sedangkan caranya sangat simpel yakni:

  • Aktifkan OEM seperti cara diatas.

  • Masuk ke mode download (Power + Home + Volume kebawah).

  • Kemudian tancapkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB.

  • Buka Odin dengan Run Admin.

  • Klik AP, pilih file AutoRoot tadi dan klik start.

  • Setelah selesai flash, reboot dan tunggu hingga ponsel menyala..

  • Dan selesai sudah, smartphone Galaxy J2 Prime milik kalian sudah berhasil di-root.

  • Untuk lebih meyakinkannya lagi, kalian dapat mendownload aplikasi Root Checker melalui Play Store.

Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Tanpa PC


Untuk melakukan root Samsung Galaxy J2 Prime tanpa menggunakan PC, kalian membutuhkan bantuan aplikasi yang bernama Kingroot. Kingroot ini sudah dipercaya kesuksesannya dalam root beragam perangkat yang sebelumnya gagal di root. Yang lebih penting lagi, kalian dapat mendapatkan aplikasi ini secara gratis.

Untuk menginstal Kingroot, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu “Unknown Source” di pengaturan, caranya yakni buka pengaturan lalu pilih keamanan dan aktifkan unknown source (sumber tidak diketahui).

1. Setelah selesai diaktifkan, maka segera download Kingroot di website resminya yakni di https://kingroot.net/

2. Setelah proses download selesai, install Kingroot seperti biasa di ponsel lalu buka setelah selesai diinstal.

3. Kemudian tekan “Start root” atau “Fix now” untuk memulai proses root.

4. Tunggu beberapa saat hingga proses untuk root selesai 100%. Jika nantinya berhasil, maka akan ada notifikasi yang menandakan bahwa proses root telah berhasil.

5. Untuk membuat kalian lebih yakin lagi, coba download aplikasi Root Checker di Play Store untuk mengecek kevaliditasan root.


Begitulah Cara Root Samsung Galaxy J2 Prime Dan install TWRP. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Penelusuran Lainnya :

twrp samsung j2 prime sm-g532g/ds marshmallow

download twrp samsung j2 prime sm-g532g/ds

twrp samsung j2 prime g532g/ds

twrp j2 prime g532g/ds

cara root samsung j2 prime tanpa pc 2019

cara pasang twrp j2 prime tanpa pc

youtube root samsung j2 prime

cara root hp samsung j2 prime dengan pc

Baca Juga

Related Post

Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo