Cara Memperbaiki Sim Card Yang Rusak

Cara Memperbaiki Sim Card Yang Tidak Terbaca


Sebuah Smartphone tentunya harus mempunyai nomor telepon untuk bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menggunakan internet, nomor ini berupa chip kecil yang bernama Sim Card. Ya walaupun Smartphone masih bisa di gunakan juga tanpa menggunakan Sim Card yaitu menggunakan Wi-Fi ataupun Hotspot, tetapi Sim Card ini berperan penting dalam suatu Smartphone.
Cara Memperbaiki Simcard Yang Rusak
Tidak sedikit pula Sim Card ini mengalami kerusakan atau tidak bisa di gunakan. Tapi jangan khawatir karena kita disini akan membahas tutorial tentang Bagaimana Cara Memperbaiki Sim Card Yang Tidak Terbaca.

Cara Memperbaiki Sim Card


Pertama yang harus kalian lakukan adalah mengecek Sim Card tersebut dan pastikan tidak rusak. Saat kalian melepas Sim Card dari Smartphone kalian, bersihkanlah terlebih dahulu konektornya. Kalian bisa melakukannya dengan menggunakan Cotton Bud ataupun Tissue yang bertujuan agar konektor Sim Card tersebut tidak terhalang oleh kotoran atau karat.

Masalah ini biasanya juga di sebabkan oleh Software Smartphone kalian. Bagi kalian pengguna Smartphone Android, biasanya yang menyebabkan tidak terbacanya Sim Card adalah karena hilangnya IMEI pada Smartphone Android kalian.

1. Bersihkan SIM Card Kalian

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan SIM card. Buka dan lepaskan kartu SIM yang tidak terbaca dari slot smartphone Android yang tersedia serta bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM.

Selanjutnya kalian bisa mengaktifkan kembali Smartphone Android dan tunggu hingga SIM card menanggapi serta terhubung ke jaringan.

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Jika langkah pertama belum berhasil, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan SIM card lainnya pada Smartphone kalian. Lakukan hal yang sama pada SIM card milikmu pada Smartphone lainnya untuk mendeteksi kerusakan.

Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan adalah SIM card milikmmu rusak. Namun jika SIM berfungsi di smartphone Android lain, bisa saja komponen yang ada di dalam mengalami kerusakan

3. Atur Ulang Jaringan

Selain itu bisa saja masalah datang dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang kalian gunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mengatur ulang jaringan di smartphone Android kalian.

Jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kalian bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

Di sini kalian tinggal mengatur secara manual APN yang digunakan sesuai dengan jaringan dan operator selular yang kalian gunakan.

4. Factory Reset Android

Jika ketiga cara sebelumnya dirasa memang belum berhasil, kalian bisa melakukan factory reset Android yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula, sama seperti pengaturan pabrik alias seperti baru.

Namun dengan melakukan cara seperti ini kalian setidaknya harus waspada. Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan terhapus. Sehingga jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data penting.

5. Konsultasi ke Customer Service

Terakhir langkah yang bisa kalian lakukan adalah dengan mendatangi dan menghubungi customer service terdekat untuk mengatasi masalah SIM card tidak terbaca di smartphone Android. Dengan begini kalian bisae berkonsultasi dan mengetahui masalah yang terjadi.

Nah jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.

Untuk mendapatkannya, kalian akan melalui beberapa tahap sebelum mendapatkan SIM card baru dengan nomor yang sesuai dengan yang lama. Ingat data seperti nomor telepon yang tersimpan tidak akan kembali ya.

Lalu bagaimana kalau cara di atas tidak juga membuahkan hasil?


Maka yang kalian harus lakukan adalah membongkar Smartphone kalian dan membuka konektor Sim Card.


Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah konektor pada Sim Card, sering kali karena pengguna yang tidak terlalu mengerti tentang penggunaan Smartphone, yang bisa saja membuat konektor menjadi rusak. Biasanya masalah ini terjadi karena memasukkan Sim Card secara terbalik, dan dipaksa untuk masuk. Nah bila terjadi seperti ini, solusinya harus kita ganti konektornya. Bagaimana caranya? 

Baiklah simak baik-baik cara mengganti konektor Sim Card pada Smartphone kalian.

  • Pertama bongkar Smartphone kalian.
  • Buka baut bautnya.
  • Congkel dari samping
  • Jika sudah terbuka, kita bisa lihat konektor simcardnya. Lepas konektornya, congkel.
  • Lepas juga penutupnya.

Sparepart ini bisa kalian beli pada toko Sparepart atau bisa juga kalian beli secara online.
Itulah cara memperbaiki Sim Card yang tidak terbaca. Semoga bermanfaat !

0 Response to "Cara Memperbaiki Sim Card Yang Rusak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel