Ini Dia Fitur Yang Ada Pada Android Versi Terbaru Yaitu Android P 9.0

Fitur Android P

Android 9.0 P


Belum lama ini Google telah merilis android terbaru yaitu android 8.0 atau android Oreo, Namun banyak isu bahwa Google juga akan merilis sistem android versi terbaru lagi pada bulan maret 2018 ini. Setelah belum lama ini Google meluncurkan android versi 8.0 maka versi android terbaru ini akan melanjutkan versi sebelumnya yaitu versi 9.0 dan akan diberi nama android P. Kepanjangan dari huruf P itu belum jelas kepastiannya, entah itu Pie, Popcorn.

Menurut Evan Blass, Android P versi beta   ini ditargetkan akan rilis pada pertengahan Maret 2018, meski belum pasti tanggalnya.

Jika versi beta android Oreo diluncurkan pada 21 Maret 2017, ada yang memperkirakan versi yang sama untuk Android P akan diperkenalkan pada 21 Maret 2018. Namun, beberapa spekulasi menyebutkan, OS tersebut akan dirilis pada 14 Maret.

Mengapa 14 Maret? Karena hari itu bertepatan dengan Pi Day (Hari Pi). Pi adalah konstanta matematika yang merupakan perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya. Nilai pi selalu konstan, yaitu 3,14.

Mungkin android P ini akan diberi nama Pie, Kenapa Pie? Karena Google selalu memberi nama makanan pada sistem androidnya. Muncul karena digunakannya lambang setengah lingkaran mirip pie pada laman konferensi tahunan Google I/O, yang akan diselenggarakan pada pada 8-10 Mei 2018.

Tahun lalu Android Oreo juga diperkenalkan pada acara ini. Kemungkinan besar Android P juga akan mendapatkan kesempatan yang sama seperti android Oreo.

Sedangkan untuk perilisan versi resminya Android P ini mungkin juga sama dengan versi sebelumnya sekitar bulan Agustus atau September 2018.

Mungkin sudah cukup membahas tentang nama android P tersebut, Baiklah inilah fitur-fitur yang ada pada android P :

Fitur Fitur Pada Android P


  • Pemblokiran Scam Secara Otomatis
Menurut XDA Developers, Android 9.0 P akan hadir dengan opsi yang lebih canggih untuk memblokir phone scam (penipuan lewat panggilan telepon).

Android Oreo membuat pengguna bisa memblokir nomor tertentu dengan memasukkannya dalam daftar. Pada Android P nanti, pengguna bisa langsung memblokir telepon dari semua nomor tak dikenal, nomor pribadi, telepon umum, atau nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.

Meskipun fitur ini mungkin cukup menarik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna. Fitur Ini kabarnya hanya bisa aktif setelah pengguna menghubungi nomor operator. Sesuai kebijakan yang berlaku barulah fitur dalam sistem Android ini aktif secara otomatis.

  • Pencegahan Akses Diam-Diam Ke Kamera Dan Mikrofon
Sistem keamanan Android P juga dikabarkan akan semakin canggih. Ia bisa mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel. Hal itu otomatis dilakukannya saat mendeteksi adanya malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

  • Mendukung Layar Berponi (notch)
Android P juga bakal mendukung layar berponi atau notch yang menjadi tren pada desain ponsel saat ini, dipicu kehadiran iPhone X. Android P ini juga akan menyediakan fitur multiple screen yang membuat pengguna bisa melakukan lebih dari satu aktivitas pada layar yang sama.

Namun, fitur mode malam yang banyak dinantikan, kabarnya belum tersedia pada Android P ini.

  • Merekam Pembicaraan Telepon
Android P kabarnya bisa merekam pembicaraan telepon. Versi lama juga bisa tapi mesti menginstal aplikasi tertentu lebih dulu.

Fitur yang muncul dalam Android Open Source Project (AOSP) ini akan mengeluarkan bunyi yang berulang setiap 15 detik jika pembicaraan telepon itu direkam. Dengan demikian, penelepon dan orang yang ditelepon akan mengetahui bahwa pembicaraan itu direkam, sehingga fitur tersebut tidak bisa disalahgunakan.

Karena fitur ini bakal terbentur aturan hukum soal privasi di beberapa negara, Google memberi opsi bagi para operator telepon seluler untuk bisa mematikan atau mengaktifkannya.

Belum diketahui apakah perekaman ini hanya bisa dilakukan untuk penggilan melalui jaringan seluler atau bisa juga dilakukan saat panggilan dilakukan lewat jaringan WiFi (misalnya telepon melalui WhatsApp), VoLTE (voice over LTE), dan ViLTE (video over LTE).

Selain itu, mengutip Android Headlines, juga belum diketahui berapa lama pembicaraan telepon yang bisa direkam. Apakah Google akan menetapkan batas waktu atau tidak.

Masih dipertanyakan juga apakah fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pengembang atau tidak. Sebab penambahan fitur ini tidak dilengkapi dengan API publik yang bisa diakses pengembang perangkat lunak.

  • Improved Notifications For Messaging Apps 
Menampilkan gambar, stiker, percakapan utuh dengan nama kontak, serta menyarankan jawaban secara cepat.

  • Indoor Positioning
Dengan dukungan WIFI IEEE 802.11mc, aplikasi dapat mendeteksi jarak titik akses dengan triangulasi posisi pengguna di lingkungan dalam ruangan.

  • Open Mobile API for Payments With NFC 
Pengembang dapat dengan aman mengaktifkan pembayaran kartu cerdas.

  • Data Cost And JobScheduler 
JobScheduler dapat menggunakan sinyal operator untuk mengendalikan dan mengelola tugas yang tertunda jika terjadi kemacetan jaringan.

  • ImageDecor
Menggantikan BitmapFactory dan meningkatkan dukungan untuk gambar animasi dengan memberikan decoding, resizing dan post-processing yang lebih baik.

  • High Dynamic Range (HDR) VP9 Profile 2 
Pada fitur ini memungkinkan anda untuk memanfaatkan konten HDR dari aplikasi seperti YouTube.

0 Response to "Ini Dia Fitur Yang Ada Pada Android Versi Terbaru Yaitu Android P 9.0"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel